my playlist

Sabtu, 29 Januari 2011

inspiring story

entah gimana, idup ini klo ga ada inspirasi.. pastinya kga bakal ada ide, atau sesuatu yang bisa merubah idup jadi lebih baik
singkat cerita, jadi gini..
gw adalah anak yang klo dibilang sih, mau..mau sendiri.. suka.. suka sendiri.. jadi segala keputusan yang gw ambil yaa.. keputusan gw, ga ada yang bisa ganggu.. sekalinya ganggu.. ga bakal dehh gw jadi orang yang lebih baik lagii
jadi, bokap nyokap menyarankan gw kuliah di kedokteran.. awalnya, gw sihh mau2 mau ajaa.. asal ujungnya gw ambil specialist gnikologi, entah kenapa gw pengen ajaaa.. *agak anehh emang
well, karena ga kesampean, gw berharap bisa jadi dokter gigi.. tapi gw yakin nihh pasti ga bakal kesampean.. dan kayanya sihh agak ga sanggup juga
so, gw punya cita2 untu masuk jurusan seni rupa dan ngembangin karya gw, 100% bener2 ga diijinin ama bokap nyokap.. entah kenapa yaa
bahkann pengen daftar arsitektur interior punn teteppp bo!! ga diijinin sampe geregetan gw..
penngen ambil sastra ( secara dari gw smp, gw cinta banget ama yang namanya bahasa ingrris, sejagad2 dehh gw merasa bahasa ingris indah ajaa gtuu) tapii SMA gw jurusan IPA.. maless bgt ngambil test IPC..
so, gw berharap pada satu jurusan biologi.. gw bercita2 jadi guru bilogi dan bawain acara petualangan macem nya wild animal.. yang suka merhatiin idup hewan di hutann atau lautt gtuu
ituu juga tuhh suka bgt gw
gw suka banget bebas.. pokoknya yang asik2 dehh!!
sampe suatu hari gw, lulus test jurusan planologi pun.. terbengkalai sudahh
intinya ujung2nya gw masuk jurusan farmasi, jujur tuhh gw dah ga ada bayangan idup mau ngapain masuk situ.. secara itu jauh dari cita2 gw, dan di suruh masuk situ.. alhasil kuliah gw ancur berantakan kaya .. retaknya hubungan rumah tangga orang *lhoo... apa hubungannya dehh
okee well.. pada suatu hari.. gw pulang seperti biasa naek mobil kesayangan alias angkot..secara namanya mobil umum semua orang jadi satu gak mau ngalahh.. dan pada waktu ituu gw dalam keadaan emosi tingkat tinggi.. secara saat itu gw harus menyaksikan jawaban UAS gw yang bukan maenn kosong sana sini..
okee salah gw emang semalem gw belajar sampe ketiduran.. tapii inti dari semua nya GW GAK NGERTI APA-APA, MENNNN!!!
detik pertama soal dibagiin gw : Ya Tuhan. aku tahu aku anak yang bendel, tapi tolong gw kali ini ajaaaaaa...plissss
gw: (merhatiin sekeliling) duhh pengawas nya galak amat..
soal udah dibagiin
mulai nge balik2 soal
nomor 1.. okee agak bingung yaa
nomor 2.. kayaknya ga ada jawabannya dehh
nomor 3.. duhh gw lupa nihh
begitupun nomor 4 dan selanjutnya
sampe nomor 11.. duhh apaan nihh, maksud pertanyaannya ajaa apaa gw kga  ngerti men!!
nomor 12..garuk2 pala
nomor 13 ini kan angka sial.. lewat ahh
nomor 14 dst.. duhh lewat dulu dehh
sampe nomorr 20.. anjrittt!! kertas gw masih KOSONG!!!!
* MULAI PANIK
intinya gw gak berhasil ngerjain soal ujian hari itu dan hari-hari sebelumnya yang udah gw laluin..mau jadi apa coba gw!!!!
stress bgt klo bayangin flash back diri gw pas masih SD, pasti klo bisa liat masa depan dan masa depannya gw kayagini.. udahh loncat dari genteng rumah kali!
secara waktu Sd, gw bayangin diri gw kuliah.. gaul bgt, punya prestasi, kuliah di jurusan yg gw seneng so, gw pasti ahli bgt tuhh.. ituu lamunan gw waktu SD
okee.. gw pulang rasanya pengen bikin ribut banget di angkot.. ama maki2 diri gw..
gak laama setelah ke-stressan gw, berangsur2 gak membaik juga..
tiba2 masuk ke angkot 1 orang bapak2 dah tua sama istrinya dan satu orang anak mereka yang klo gw liat anaknya itu umurnya udah 30-an ke atas, and you know what! anak nya itu menderita down syndrome..
gw langsung tiba2.. udah ga mikir hidup gw stress lagi.. tiba2 aja kaya Tuhan ngasih liat gw dengan buka jalan pikiran gw pas liat keluarga itu
tiba-tiba terlintas dalam benak gw :
"men.. gila.. bertahun2 tuh bapak sama ibu, ngurus anak nya yang down syndrome itu sampe anaknya umur se tua ituu.. masihh aja mereka,, rela pergi bareng sambil ngelapin keringet anak ituu.. pasti kan ga cuma ituu,, mandiin juga.. nyuapin juga.. apa rasanya yaa bertahun2 harus hidup kaya gtu..
siapa juga yang milih  untuk hidup kaya gitu, itu kan bukan pilihan mereka, tapi Tuhan ngasih rejeki mereka dengan cara yang lain, yaa mungkin rejeki itu bukan pilihan mereka, tapi pernahkan mereka nyesalin itu,,, kaya nya gw ga liat satu pun tanda penyesalan di wajah orang tua ituu.. apalagi pas mereka ngelap dan ajak ngobrol anaknya..mereka kaya ikhlas..": jadi jawabanya no regret!. Allah pasti punya jalan untuk kita masing-masing, wallaupun jalan itu bukan pilihan kita, tapi itu rejeki dari Allah yang salah besar klo kita tolak, justru harus kita syukurin"
gak lama beberapa hari kemudian.. gw masuk lewat gang-gang kecil ke kampus.. di situ banyak pengemis anak-anak dan orang tua .. langsung terlintas lagi dalam pikiran gw:
" gilee.. orang tua yang itu berapa taun yaa jadi pengemis, pasti dia punya harapan atau pilihan hidup yang lain.. tapii.. mau gimana lagi, dia harus jalanin hari-hari jadi pengemis.. so, dia harus berjemur cape2 di bawah terik matahari buat dapet makan, well Allah ngasih rejekinya lewat situ, tapi tuh orang gw liat bersyukur bgt dapet gope or seceng ajaa.."
truss lagi pengemis yang anak2 " mereka masih anak kecil so, cita2 mereka pasti setinggi langitt.. klo perlu ada langit ke tujuh ke sana dehh * lebayy.. intinya.. dia gak pernah berhenti brusaha , untuk kelangsungan hidup mereka, padahal Allah ngasih rejeki mereka dari tangan2 orang yang ikhlas.."
tapi apa besok nya mereka ngeluh " ahh cape jadi pengemiss.. besok 2 gw ga mau idup kaya gini lagi dehh"
pasti yang ada di tekad mereka " gak boleh cape jadi pengemis, kita harus berusaha cari rejeki dari Allah buat bisa bertahan hidup besok hari"
gilaa!!! salut bgt gw.. sementara diri gw.. banyak ngeluh nyaaa
dan barusan tadi, gw ketemu pengamen bisu .. nahh, bingung gak loh!! orang ga bisa ngomong tapi jadi pengamen..tapi you know what!! dia tetep maenin gitarnya dan coba buat ngucapin syair yang dia nyanyiin, emang sih orang2 termasuk gw, gak ngerti nihh orang nyanyi apaan yaa?
tapi gw liat ajaa.. ketika kekurangan itu ada.. dia gak jadiin dirinya lemah and putus harapan.. malah terus usaha..bahkan nentang kelemahanya dia..
ada lagi di deket rumah gw, waktu gw smp sihh pertama liat orang itu, dia kayanya punya cedera di tulang ekor, jadi fisik nya cacat, jalannya agak (maaf) pengkor, tulang punggungnya bengkok, dan ga bisa ngomong dgn jelas.. tapii dia ga berhenti di tempat tidur dan gak ngelakuin apa2.. dari gw SMP sampe umur gw sekarang 20 tahun, dia jadi kenek angkot yang nge-tem.. gila berapa juta tahun lama nya tuhh dia usaha kaya gitu kga kaya2.. tapii yaa jalan rejeki yang dikasih Tuhan buat dia emang di situ.. so, sama sekali dia ga pernah absen jadi kenek semenjak gw smp.. atau menerima fisiknya lemah and putus asa, cuma berbaring di tempat tidur..
dia tetep treak2 manggilin penumpang buat naek angkot..

ada cerita lagi waktu gw smp, ini yang bikin memori gw dengan bahasa ingris ga bisa dilupain..
dulu gw pernah less di sautu tempat less bahasa inggris deket rumah, gak gede lah tempatnya, bisa ajahh.. bahkan ga gedongan kaya tempat2 less sekarang yang kadang ada guru dari luar negeri
ga.. tempat les gw sangat sederahana.. tapi gw bawa segudang ilmu bahasa inggris dan pelajaran2 ttg kehidupan
ini cerita ttg guru gw : sebut aja namanya mr. Randi
sampe sekarang gw ga tau kabar beliau dimana, atau gimana, tapi satu hal yan harus beliau tau.. you're the best teacher i've ever had
jadii... kisah nya dulu dia dari kecil di didik keras, so dia gak pernah takut apapun kecuali Allah.. saking ga takutnya sama apapun kali yaa.. dia sempet terjerumus ama hal2 yang ga beres.. pergaulan anak muda biasa  * berasa sok tua.. dan akhirnya beliau harus masuk rehabilitas.. tapi beliau berjuang untuk jadi manusia lebih baik, sampe suatu hari beliau lulus, dari kuliah beliau jurusan hukum, beliau tuh katanya sempet bergelut di situ..tapi lama kelamaan cape sendiri, dan pas saat itu ibu nya sakit.. and you know what.. semua hartanya beliau dedikasikan untuk kesembuhan ibu nya, saking beliau gak mau kehilangan ibunya.. dan memulai hidup baru jadi guru bahasa inggris, so, jadi guru pasti lah pas jaman dulu gak mudah dengan gaji yang pas2 an.. dan salut nya dia malah punya anak klo ga salah 5.. walau anak2 itu gak lahir dari darah nya tapi anak2 itu, lahir dari hati beliau.. beliau suka ceritain ttg anak2 nya yg lucu2..
satu yang gw bangga, beliau ga pernah sekalipun nyesel jadi guru yang gaji nya kecil, dia bener2 mengabdi buat anak-anak..
dan satu yg gw inget terakhir ikut kelas nya " kamu ga usah khawatir klo tiba2 kita berpisah, kita pasti ketemu di suatu puncak yang namanya kebahagiaan"
and satu lagi you know what, kenapa gw suka nulis, bahkan sampe skrg klo ikut les bahasa inggris gw  milih kelas writting yg utama, because beliau juga pernah bilang " do what you write, and write what you do!"
dan beliau satu-satu nya orang yang gak pernah protes, klo di kelas pas ujian naek level gw bikin karangan sepanjang sungai nil..

satu lagii.. pas gw pulang dari les bahasa inggris sama sahabat gw yang namanya piala * sorry yaa pil, nyebut merek
gw ama piala lagi nunggu angkot
tiba2 dateng angkot dengan abang2 setengah waras tereak2 pake bahasa inggris!
abang angkot : hey.. do you need a ride. common! let's go!!
gw ama piala : -o- -o- bengong....
abang angkot : heyy common dont be scare!
gw dan piala : naek gitu aja ( emang dasar kita berdua kga pikir panjang klo lagi banyak pikiran )
abang angkot : heyy what's up? are you feeling so confused? fehtowehoehiwipe... ga ngerti lagi gw tuh abang sepanjang perjalanan ngocehhhhhh pake bahasa inggirs.. dan siapa yang gak aneh ngeliat supir angkot lancarrr bgt dehh bahasa inggris
gw : hey.. who are you? why do you speak like that?
abang angkot : saya cuma orang biasa, tapi saya suka bahasa inggris.. common keep ask me, but in english!
gw ama piala : hadduhh repot dehh nihh orang..
abang angkot : heyy you take an english course so, just speak up!
gw: yaahh baru les.. berapa bulan..
abang angkot: saya yakin kamu bisa jago, saya ga pernah ikut les apa lagi sekolah
gw ama piala : makin merasa sarap...
abang angkot : saya bisa bahasa ingris karena saya suka, saya mulai dari baca buku, terus dengerin siaran radio bahsa inggris, ama nonton film yang ada bahasa inggrisnya, trus saya latih terus bicara.. setiap hari.. cuma itu yang perlu kamu berdua lakuin okeee!
gw dan piala : masih syok liat orang sehebat itu!!!
gilaaaa..
gw: why you dont want to be a teacher?
abang angkot : i can't, kamu tau kann guru harus punya ijazah, saya cuma lulus SD.. tapi, saya juga punya cita2 jadi guru bahasa inggris lho..
gw ama piala : wawwww
akhirnya waktunnya gw turun dan pesen dari abang angkot
" sukses terus"


 adalagi beberapa kisah inspirasi yang mengharukan, yang susah buat gw ungkapin coz kisah itu dateng dari orang2 terdekat gw, soalnya air mata gw bisa jadi air terjun niagara klo semua gw ungkapin,..
intinya jalan hidup and rejeki manapun yang Tuhan kasih, mesti banget kita syukurin, walau emang susah nya gak ketulungan. well, selama itu ga menyimpang dari aturan agama.. gw yakin pasti Allah yang ngasih supaya kita juga bisa belajar dari kehidupan
so.. ga ada lagi syirik2 an klo misalnya ada hidup orang yang lebihh mudah dari lo.. jalan rejeki nya yaa so whatt! itu dah jalannya dia,, jalan kita yaa jalan kitaa,,yg penting jadilah orang baik n bermanfaat!
misalnya nihh tetangga lo punya lamborgini 2, escalade 1, sepeda fixie 2, camera xlr 5, nissan terano 4, alpard 2, n koleksi mobil tua yang udah ga bisa jalan lainnya lengkap beserta onderdilnya, motor harley, rumah dah kaya PIM.. duit jajan sebulan 60 juta.. ada i pad, BB semua punya termasuk ade2 nya yang masih TK..(kok gw malah bikin panas yaa..) :DD .. yaudahh lahh mungkin rejeki nya dateng juga dari dia beli barang2  mewah n amal yang dia kasih..
klo bagi yang merasa duit pas2 an kaya gw.. kan gak usah cape2 juga beli benda mahal and amal sebanyak mungkin.. tinggal berjuang ajaaa.. buat menggapai cita2.. yaa jgn lupa juga amal klo lagi ada rejeki..jangan pelit2

and once more, kadang inspirasi dateng dari orang yang gak pernah terduga, bisa jadi itu sahabat lo, sodara lo, keluarga lo..atau dia mungkin bukan orang besar yang ditakutin orang banyak atau diseganin orang2.. dia juga mungkin bukan orang yang lo kenal, ga punya hidup seenak lo dan seberuntung lo, dia bisa juga orang yang datengnya tiba2 dan masuk ke kehidupan lo, dan mungkin dia bukan siapa2.. tapi seandainya lo mau open your mind and open your heart, dia akan membawa hal positive yang merubah hidup lo jadi lebih baik..dan lo harus bersyukur karenanya..

Tidak ada komentar:

Posting Komentar